a IkaMitayani: Inilah Cara Membangun Fanpage Untuk Blogger dan Memasang Fanpage di Blog

17 June, 2017

Inilah Cara Membangun Fanpage Untuk Blogger dan Memasang Fanpage di Blog

cara pasang widget fanpage di blog, cara pasang plugin fanpage di blogspot
Cara Memasang Fanpage di Blog

Cara Memasang Plugin Fanpage di Blog – Kalau mau serius membangun personal branding memang perlu sekali punya fanpage. Jadi tak melulu Anda yang punya bisnis online saja lho yang wajib memiliki. Blogger pun harus punya.


Saya sendiri juga begitu. Sebagai seorang blogger juga harus mempunyai fanpage deh. Kenapa? Agar kita juga bisa berinteraksi dengan pembaca. Tak hanya melalui komen di postingan blog.

Blog memang lebih ke pembaca ya. Pembaca ini mungkin asing bagi Anda. Bila Anda tidak mau privasi terganggu karena masuk ke akun pribadi facebook. Ijinkan pembaca untuk mengenal Anda melalui fanpage.

Keuntungan memiliki fanpage


Memang apa untungnya sih kalau punya fanpage. Ngaruh gitu sama blognya?
Ini menurut saya ya. dengan memiliki fanpage khusus untuk blog kita. Secara ga langsung akan membuat kita lebih tampil profesional. Kita memang sudah siap untuk lebih serius menjadi blogger. Bukan berarti yang lain ga serius ya. 

Berdasarkan pengalaman, banyak yang menemukan saya melalui fanpage ini. Orang lebih mudah menghubungi saya melalui fanpage. Kok bisa? Pertama ya karena saya memasang plugin fanpage ini di blog. Mereka kemudian like. Lalu kalau tertarik mereka akan lanjut. Mereka jadi tahu update blog saya yang terbaru. 

cara pasang plugin fanpage di blog, cara pasang widget fanpage di blog, cara membangun fanpage untuk blogger
Cara pasang plugin fanpage di blog


Perlunya sentuhan personal di fanpage


Selama mengelola jangan lupa untuk memberikan sentuhan personal pada postingan. Hal ini ditujukan agar mereka merasa dekat dengan Anda. 

Ya tak perlu sih curhat ga jelas seperti kalau update status di akun pribadi. Hehe. Cukup dengan menanyakan kabar. Memberikan quote. Berbagi hal bermanfaat berupa pengalaman yang bisa dibutuhkan pembaca yang like.

Jadi selain melalui email yang tertera di bagian profil. Fanpage juga mempermudah orang yang ingin mengenal lebih jauh atau yang mau mengajak kerjasama menghubungi. Entah kenapa, ada sebagian orang yang lebih nyaman menghubungi melalui pesan di fanpage.

Selain itu mereka bisa menikmati update terbaru dari kita sebagai blogger. Maka Anda perlu membangun dulu fanpage. 

Apakah mudah membangun fanpage untuk blogger?


Membangun fanpage itu susah gampang. Apalagi kalau Anda membawa nama diri sendiri yang belum terkenal banget. Beda kalau Anda membagun fanpage yang memiliki tujuan tertentu. Jelas mau menyasar ke siapa. 

Misal nih fanpage Konten Kece. Jelas menyasar mereka yang membutuhkan konten. Selain mengundang teman, pada akhirnya yang lain pun akan berdatangan untuk like. 

Contoh lain JualBukuKece. Orang yang menyukai buku. Suka membaca. Mereka akan like dengan sukarela. 

SekolahBlog juga demikian. Bagi mereka yang membutuhkan tentang cara menjadi blogger atau belajar ngeblog pasti tak ragu untuk like. Hanya dalam waktu seminggu bisa dapat like 100an. Bisa lho. 

Cara membangun fanpage untuk blogger

Lantas bagaimana dengan blogger yang membangun personal branding melalui fanpage? Setelah membuat fanpage. Maka Anda perlu membuat deskripsi blog. Mulai share postingan blog dan konten untuk fanpage yang menarik.

Langkah berikutnya adalah dengan mengundang teman dulu untuk like fanpage. Share postingan fanpage ke akun facebook pribadi dan masih banyak yang lainnya. Nanti liker akan datang dengan sendirinya. 


Bagaimana pun membangun branding blogger melalui media sosial terutama fanpage. Memang wajib hukumnya. Hhehe... 

Bagaimana tidak? Fanpage yang notabene milik Facebook ini kan media sosial sejuta umat.  Dari tahun ke tahun yang mendaftarkan akunnya semakin banyak. Propeknya makin ke sini makin bagus.

Jadi gimana? Mau pasang widget fanpage di blog? Saya akan membocorkan caranya sekarnag juga


Eits tunggu dulu. Apakah sudah ada yang tahu cara memasang plugin tersebut? Atau jangan-jangan malah kebingungan untuk memasangnya? Kalau iya. Artikel ini akan membantu Anda untuk bisa memasang plugin di blog.

Bagaimana sih cara memasang fanpage di blog? Kalau misal teman-teman googling mungkin itu cara lama. Karena sekarang ada cara baru yang lebih mudah.

Silakan ikuti petunjuk ini ya.

Tutorial cara memasang plugin fanpage di blogspot




1.     Anda wajib untuk ke link ini https://developers.facebook.com/docs/plugins/page-plugin. Link yang lama yang Anda temukan di Google sudah lama berganti. Tampilannya seperti gambar di atas ya. Tetapi sebelumnya buka dulu akun Facebook Anda yang ada halaman fan yang ingin dipasang di blog ya.





2.     Ubah url dari plugin Fanpage Anda. Kemudian klik “dapatkan kode”.



3.     Akan muncul kode yang bisa Anda copy. Klik IFrame.



S.   Sekarang Anda membuka blog dan cari tata letak.




4.     Klik tambahkan gadget lalu HTML/Javascript


5.     Copas link tersebut di kolom ini. Anda bisa melihatnya di gambar di bawah ini. Jangan lupa save ya.


6.     Taraaa sekarang tampilan di sidebar akan muncul plugin Fanpage Anda.


Gimana, mudah kan? Memang kalau menurut saya caranya jauh lebih mudah yang sekarang ini.
Share ya ke ke teman yang lain.

4 comments:

  1. aku punya fanspage, mba. Tapi masih sepi. Wah harus coba tips ini yah

    ReplyDelete
  2. Tipsnya manfaat banget ya buat saya yg masih proses belajar.

    ReplyDelete
  3. Duh, saya blm menggunakan fanspage mbak. makasih ya artikelnya, mau saya coba

    ReplyDelete