a IkaMitayani: Begini Cara Tercepat Menulis Artikel Blog Tak Sampai 10 Menit!

01 May, 2017

Begini Cara Tercepat Menulis Artikel Blog Tak Sampai 10 Menit!

ngeblog, blog, blogging, blogger, menulis blog, artikel blog, trik menulis artikel blog Begini Cara Tercepat Menulis Artikel Blog Tak Sampai 10 Menit
Beberapa waktu yang lalu ada yang bertanya, berapa menit yang saya habiskan untuk menulis artikel. Saat saya beri jawabannya, mereka ini terkejut. Hmmm, kenapa ya?
Saya tanya, apa mereka ada kesulitan dalam menulis artikel? Alasannya kenapa? Lalu banyak sekali jawaban yang terlontar. 
  1. Sibuk dengan pekerjaan, rutinitas seorang ibu, banyak tugas kuliah yang menyita waktu
  2. Suka mampat ide
  3. Bingung mau menulis apa
  4. Pakai aplikasi yang kurang menunjang aktivitas ngeblog
  5. Dll. ( Anda bisa menambahkan alasan di sini)
Sebenarnya menulis artikel itu mudah dan tak butuh waktu lama. Seringkali yang membuat lama adalah alasan di atas. Alasan yang memang paling mendasar. Saya juga memiliki aktivitas dan waktu 24 jam saja. Tapi bagaimana memanfaatkannya, tiap orang pasti akan berbeda. 
Nah, membuat artikel itu bukan yang sekedar jadi ya. Anda harus

menulis yang menarik, mempunyai isi, dan mudah dipahami bagi yang membaca.
  • Saya memiliki koleksi foto dan gambar. Biasanya hanya dengan memandangnya saja, saya bisa mendapatkan beberapa ide artikel. Jadi tidak terbuang waktu untuk mencari gambar pendukung artikel.
  • Kumpulkan ide yang datang dalam satu tempat. Anda bisa menuliskan ide yang datang dalam sobekan kertas, struk pembayaran minimarket atau apa saja. Tulislah di sebuah buku ketika sampai rumah. Sewaktu-waktu Anda butuhkan ketika mampat ide, bisa dengan membuka buku ide.
  • Draft. Tulis draftnya secara runut lalu kembangkan. Membuat draft ini berupa poin yang ingin Anda tulis. 
  • Sunting tulisan dari draft kasar tersebut. Biasanya saya langsung ketik di aplikasi untuk ngeblog di ponsel. Mengetik dengan cepat. Kalau saya lebih ke membaca ulang artikel tersebut. Kira-kira apakah sudah menarik, berisi tapi mudah dipahami. Hindari bahasa tingkat tinggi, sehingga pembaca tak perlu membuka kamus. ðŸ™‚ 
  • Tulis artikel yang Anda kuasai. Kalau Anda menyukai dunia masak, ya tulislah. Anda suka bisnis, ya tulis tema tersebut. Mengapa? Karena orang berkunjung sering karena keahlian Anda. Mereka ingin mendapatkan solusi atau pencerahan melalui artikel. Anda pun bisa menjawab tiap pertanyaan yang muncul di komentar artikel. 
  • Menulis pengalaman juga bisa membuat tulisan cepat selesai. Apalagi tentang masalah yang baru Anda alami dan solusinya. Jangan remehkan masalah yang Anda alami. Bisa jadi banyak yang mencarinya. Siapa yang tahu kan? ðŸ™‚
  • Latihan. Ini bisa Anda praktikkan, karena saya bisa. Contohnya artikel ini. Silakan percaya atau tidak. Ini tidak berlaku untuk semua artikel. Tujuan menulis artikel ini adalah untuk memberikan semangat pada teman-teman. Mau 10 menit atau lebih, kembali pada kenyamanan teman-teman. Tiap orang berbeda. Saya tidak memaksakan apakah teman-teman akan mencoba atau tidak. ðŸ™‚
Bagaimana, apakah ada yang memiliki cara lain agar menulis artikel dengan lancar? Bagi di komentar ya. Saya tunggu. ðŸ˜‰

No comments:

Post a Comment