a IkaMitayani: Periksa Uang Kembalian Itu Penting

06 June, 2015

Periksa Uang Kembalian Itu Penting

Blog Referensi Wanita

Beberapa kali saya mengalami kejadian yang tidak mengenakkan. Saya tidak mendapatkan uang kembalian yang seharusnya. Beruntung, saya memeriksa tepat di kasir atau belum jauh atau masih berada di warung/ toko/ minimarket.


Mungkin yang Anda ketahui akhir-akhir ini adalah kasus minimarket yang sering memberi uang kembalian tak sesuai dengan struk, atau harga di rak tak sesuai dengan komputer. Kalau harga tak sesuai di rak dengan komputer sering saya alami di Indomaret.

Percaya atau tidak kesalahan uang kembalian juga sampai ke warung dan toko. Toko pakaian misalnya, pernah salah menginput kode yang seharusnya untuk barang yang dibeli, tetapi tertulis di komputer dan tercetak di struk dengan kode barang lain yang nilainya 4x lipat. Beruntung saya masih disitu dan memeriksa struk. Saya langsung bertanya dengan orang yang melayani tadi. " Masa iya mbak, ciput harganya 60ribu?"

Orang tersebut lantas menuju kasir dan memeriksa. Ternyata kode salah input. Menurut mereka tidak salah, hanya kodenya yang berbeda. Saya bilang saja, " Itu tetap salah namanya. Kan kode berbeda artinya salah kode."

Mereka pun diam.

Kejadian lainnya saat membeli makanan sudah jadi di warung. Saya memberikan uang Rp 54.500,-. Padahal total pembelian Rp 24.500,-. Seharusnya kembalian Rp 30.000,-. Beruntung saya memeriksa uang kembalian. Pelayan tadi langsung bilang ke pemiliknya, " Benar kan bu, itungan saya tadi. Kembalian Rp 30.000,-"


Itu belum seberapa. Ada teman yang mengalami kejadian di restoran belakang BCA Jenderal Sudirman. Mereka datang kesana rombongan. Ketika membayar di kasir, teman saya terkejut bukan kepalang, karena selisihnya jauh sekali. Perhitungan teman tak sampai sebesar itu. Akhirnya mereka berkilah bahwa kesalahan sistem.

Baik, sekarang saya berpikir, ada berapa orang yang tidak memeriksa uang kembalian. Lumayan lo, kalau satu orang keliru sampai Rp 50.000,-. Hitung dalam sehari ada 50 pengunjung. Lumayan kan?

Jadi saran saya, periksa uang kembalian Anda dan struk Anda kalau di minimarket.

Semoga bermanfaat ya....

Apabila artikel ini bermanfaat, silakan menambah G+ dan follow @IkaMitayani dan Like Fanpage IkaMitayaniCom.

No comments:

Post a Comment