a IkaMitayani: Biarkan Anak Bebas Menentukan Pilihan Hidupnya

11 March, 2015

Biarkan Anak Bebas Menentukan Pilihan Hidupnya

Bicara soal anak adalah bicara tentang masa depan. Masa depan mereka. Masa depan seperti apa? Sebagai ibu, bohong kalau tidak menginginkan anak tidak sukses. Saya dan seluruh orang tua yang baik pasti ingin anak sukses semua. Lantas sukses yang seperti apa?

Belajar dari pengalaman, saya tidak ingin memaksakan keinginan saya. Saya ingin membebaskan mereka menentukan pilihan mereka. Pilihan hidup mereka. Tentu saya juga tetap mengawasi dan mengarahkan kembali ketika melenceng dari jalur. Tapi bukan memaksakan kehendak saya. Mereka harus begini, harus begitu.

Saya yakin mereka punya pilihan, tugas saya mendukung mereka mewujudkan mimpi. Saya yakin, ketika mereka melakukan atau mengerjakan hal yang mereka senangi, mereka akan merasa nyaman dan senang, dan tingkat keberhasilannya pun jauh lebih tinggi.

Saya tak mau menentukan ehm tepatnya mendoktrin, bahwa pilihan yang itu jelek, yang bagus ini. Atau mengancam dengan halus, kalau ga kuliah ini aku ga mau bayarin, tapi ternyata si anak ga suka, terpaksa, hasil pun jelek? Sayang kan? Biarkan mereka berkembang sesuai minat. Percaya saja, pada pilihan mereka.

Saya, sedang belajar. Saya berkomitmen untuk mendukung anak-anak saya. Karena saya tahu dengan benar, bagaimana seorang anak yang selalu didoktrin, dikekang, dilarang-larang, dimatikan impiannya, dimatikan dari apa saja.

Bisakah Anda juga? :-)

Like >>>> Halaman IkaMitayani
Follow Twitter IkaMitayani

No comments:

Post a Comment