a IkaMitayani: Cara Menyenangkan Bermain Media Sosial

14 May, 2017

Cara Menyenangkan Bermain Media Sosial

Cara Bersenang-Senang dengan Media Sosial
Akhir-akhir ini makin panas ya. Media sosial terasa bikin gerah. Bawaannya mau kipas-kipas terus. Apalagi kalau bukan, topik yang dibahas itu termasuk sensitif.

Pilihan kembali pada pengguna media sosial. Apakah akan terus mengikuti dan membaca? Kemudian akibatnya malah jadi emosi. Kemudian tergerak untuk menulis status tandingan. Bagai bola salju yang  bergulir begitu cepat. Status tersebut akan ditimpali tanpa henti dan bersambung.


Apakah ada untungnya? Menurut saya sih, enggak ya. Rugi iya. Kita sudah buang waktu. Memikirkan hal yang tidak perlu. Sementara dalam dunia nyata kita harus cari uang untuk keluarga. Waktu pun habis untuk itu. Kerjaan tidak beres. Rugi banget. Belum lagi kalau jadi renggang pertemanan.

Padahal kenyataanya di dunia nyata
adem saja. Orang tetap beraktivitas biasa. Mungkin karena media sosial itu mengungkapkan pikiran. Sementara di dunia nyata tidak.Wallahu alam.

Kalau saya lebih memilih menjaga emosi untuk hal yang lebih penting. Bagaimana cara agar saya bisa bermanfaat. Membuat sesuatu yang bisa memberikan peluang bagi orang lain mendapatkan penghasilan tambahan. Minimal saya sudah berbuat sesuatu untuk lingkungan atau sekitar saya.

Tampak sempurna ya? Hahaha.... Namanya keinginan kan.

Walhasil saya pun melakukan beberapa cara ini agar saya masih bisa bersenang-senang dengan media sosial. Apalagi kan pekerjaannya di situ.

1. Follow Akun yang Positif. 


Pilih berdasarkan kesukaan dan minat. Misal minat tentang bisnis, menulis, ngeblog dan traveling. Tinggal pilih. Hasilnya kita bisa mendapatkan ilmu baru, pencerahan dan semangat baru. Bahkan inspirasi untuk melakukan hal positif.

Hal ini jauh lebih baik daripada follow yang sebaliknya. Demi menjaga kesehatan maka saya lebih baik unfollow yang tidak menyehatkan.


2. Tidak menanggapi hal yang negatif. 


Bagaimana kalau menemukan update yang negatif dan memancing? Ya saya lewatkan. La kalau tak sengaja terbaca? Ya sudah gimana saja. Ini seperti melatih hawa nafsu. Saya tahan emosi. Hahahaha...

Kawatirnya malah saya nulis sudut pandang. Kemudian saling berbalas pantun. Ada yang salah paham dan duaaaarrr!!!.


3. Tahan diri ketika menemukan status atau update yang negatif


Sama seperti nomor dua. Saya menahan diri kalau menemukan artikel, status dan postingan seperti itu. Bisa dengan unfollow, hidden dan lewati saja.

Tahan diri itu sulit. Banyak yang akhirnya lepas kontrol juga. Saya juga manusia kan. Menahannya juga dengan mengalihkan perhatian. Hal ini efektif lho. Nanti emosi sudah hilang deh.

4. Update artikel atau bacaan yang menghibur dan informatif


Baca artikel dari sumber tepercaya saja. Sekarang ada kok penyedia berita anti hoax. Artikel bebas hoax, dll. Pastikan membaca dari sumber tepercaya ya.

5. Update apa yang Anda suka. 


Misal drama korea. Pecinta drama korea akan bermunculan dan berbagi info. Secara tak langsung ini membuat Anda merasa fresh dan awet muda lho. Karena membicarakan sesuatu yang menyenangkan. Menyehatkan hati dan jiwa. Hal ini membuat kulit juga bagus.

6. Berbagi video lucu, inspiratif atau yang sifatnya positif. 


Kalau  video yang Anda unggah menggugah emosi pembaca bisa viral dan Anda terkenal. Untung kan? Hahaaa...



Sementara itu saja ya. Sebenarnya masih banyak yang bisa dilakukan. Siapa tahu Anda memiliki cara bersenang-senang dengan media sosial? Bisa tinggalkan komen di bawah ya. Siapa tahu ada yang ingin bersenang-senang dengan media sosial.

No comments:

Post a Comment