a IkaMitayani: Tipe Pembeli dan Penjual

05 March, 2015

Tipe Pembeli dan Penjual

Pernah ke pasar? Atau minimal melihat toko online yang bertebaran? Ada yang memperhatikan tidak? Ada segelintir penjual tipe 1 yang senang sekali membanting harga, sampai tanpa sadar telah merugikan penjual tipe 2. Penjual 2 yang mengerjakan sesuai biaya operasional dan keuntungan yang tak seberapa. Asal kebutuhan hidup penjual tipe 1 tercukupi, murah sekali tak apa. Tapi sebanding tidak?

Saya sering mengamati toko online dan toko offline. Juga pihak yang merasa dirugikan. Sudah ambil untung sedikit, eh ada yang menurunkan harga sampai 85%, apa tidak membuat orang berpikiran, kenapa tempat lain bisa semurah itu? Padahal bisa jadi ada banyak alasan penjual tipe 2.

Pembeli ada dua tipe, satu orang yang mikir bagaimana bisa membeli dengan harga murah, atau dua, orang yang lebih memperhatikan kualitas, harga belakangan. Orang tipe kedua ini bakal senang, kalau dia mendapatkan kualitas dan bonus yang menyenangkan. Dia akan kembali lagi.

Pembeli tipe kedua ini, seringkali melupakan bahwa, ketika penjual jasa atau produk telah menentukan harga, dia telah berpikir biaya operasionalnya, keuntungan yang diambil, tenaga yang dia keluarkan, pemikiran yang dia kuras agar produk atau jasa Anda banyak yang mengetahui.

Kalau kedua tipe pembeli ini mengerti itu, saya yakin, tak akan laku lagi tipe penjual pembanting harga. Siapa tahu, karena dia butuh uang, barang atau jasa tidak begitu laku, dia ambil langkah seperti itu.

Sekarang, tipe pembeli dan penjual seperti apa Anda? :-)

No comments:

Post a Comment