a IkaMitayani: 6 Cara Ini Perlu Anda Perhatikan Sebelum Membuat Merek

04 May, 2017

6 Cara Ini Perlu Anda Perhatikan Sebelum Membuat Merek

6 Cara Ini Perlu Anda Perhatikan Sebelum Membuat Merek



cara membuat merek produk atau usaha

Cara Membuat Merek
Merek sebuah produk atau jasa memang sangat penting. Fungsinya sebagai identitas atau pengenal ketika pembeli membeli produk atau jasa.
Merek sebuah produk atau jasa sangat penting. Anda sebagai pebisnis tidak bisa asal-asalan ketika memilih sebuah nama untuk merek. Karena sifatnya sebagai identitas atau pengenal. Tanpa pengenal, calon pembeli akan kesulitan menemukan produk atau jasa Anda.
Saya pernah pergi ke warung membeli
kacang yang hanya dibungkus plastik. Tampak tidak ada yang berbeda. Saya membeli tiga bungkus kacang. Sesampai di rumah ternyata rasanya enak sekali.
Keesokannya saya kembali ke toko membeli kacang lagi, dengan harapan rasa yang sama.
Sayangnya rasanya berbeda. Tidak  enak sama sekali. Usut punya usut ternyata yang jual berbeda. Yang kemarin sedang sakit. Andai saja kalau pakai nama atau merek, mungkin akan lain ceritanya. Saya juga ga perlu kecewa.
Cerita lainnya, saya bepergian keluar kota menemukan kacang koro.Ga sengaja nemu kacang koro tersebut. Saat berada di penginapan saya menikmati kacang koro tersebut. Rasanya? Enak banget. Saya seperti seorang kritikus difilm Ratatuille, seolah flashback pada masa kecil.
Hari berikutnya saya membeli lagi di warung yang sama, dengan penuh percaya diri. Ternyata saya salah pilih. Salah ambil. Rasanya tidak enak dan keras. Sulit dikunyah. Duh bete banget.
Saat membuang plastik kemasan, ternyata di tempat sampah, saya menemukan bahwa saya salah ambil bungkus kacang koro. Labelnya bertuliskan nama yang berbeda.
Lain waktu saya mengambil kacang koro dengan label yang saya sudah tahu rasanya.
Ternyata memang ada perbedaan ya. Bahwa produk atau jasa akan lebih  dikenali dan diketemukan ketika memiliki merek.
Apakah membuat merek itu sulit? Tidak kok. Sebenarnya sangat mudah dan sederhana. Benarkah? Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika membuat merek.

Mudah Diucapkan

Merek sebaiknya mudah diucapkan. Usahakan hanya terdiri dua sampai empat suku kata. Misal mamakece, kontenkece, Aqua, Citra, Acer, ASUS, Zara, dll. Sesuaikan pula dengan lokasi Anda memasarkan. Kalau di Indonesia, sebaiknya memakai Bahasa Indonesia saja.

Mudah Ditulis

Hindari huruf yang dobel, pelafalan yang susah,dll.

Mudah diingat

Biasanya kalau pelafalan mudah dan mudah ditulis, orang akan mudah mengingatnya. Bahkan siapa tahu kelak merek Anda setenar Aqua dan menjadi pelopor di bidangnya? Wallahu alam.



cara membuat merek usaha

Logo
Saat membuat logo sebaiknya pilih font yang mudah dibaca, ukuran tidak terlalu besar atau kecil, dan warna yang sesuai dengan karakter merek.
Memiliki Arti dan mengandung doa.
Coba membuat merek yang memiliki arti dan mengandung doa seperti Enak, Attack, So Klin, dll.

Enak didengar dan Bikin Penasaran
Terakhir jangan lupa membuat merek yang enak didengar dan bikin orang penasaran ya.




Cara Membuat Merek

  1. Cari ide. Anda bisa melihat sekitar. Apa saja. Perhatikan.
  2. Coret ide yang melintas apa saja. Yang menurut Anda sesuai dengan produk atau jasa.
  3. Pilih minimal tiga dari semua ide Anda. Kemudian pilih yang terbaik. Perhatikan beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat merek.
Semoga bermanfaat ya. Selamat membuat merek ya.

No comments:

Post a Comment