a IkaMitayani: Begini 10 Cara Menjadi Freelance di Internet

16 January, 2016

Begini 10 Cara Menjadi Freelance di Internet

cara menjadi freelance, 10 cara menjadi freelance di internet, freelance, freelancer, cara jadi freelance
10 Cara Menjadi Freelance di Internet


Begini 10 Cara Menjadi Freelance di Internet
Pekerjaan sekarang sebenarnya mudah kita dapatkan. Kalau mau memperhatikan ya. Anda tak perlu melamar pekerjaan, tapi mereka yang akan berdatangan. Mungkin ada pertanyaan di benak Anda, kok bisa? Bisa dong, sekarang jaman internet akan memudahkan jalan Amda mendapatkan uang. Tak perlu jadi karyawan yang harus datang selama hari kerja, nine to five. Kayanya gampang banget ya? Ehm, susah gampangnya tergantung Anda juga sih.
Saya akan membuka beberapa rahasia agar bisa menjadi freelance. Begini cara menjadi freelance di internet.
1. Mau memulai dari nol
Iya dong, tak ada di dunia ini yang langsung ke posisi atas. Begitu dengan freelance, kemungkinan sangat kecil, baru menawarkan sekali dua kali langsung ada yang mau menjadi klien Anda.
2. Sabar
Kunci sabar sangat berguna ketika sedang memulai usaha. Baru sejam dua jam menawarkan usaha yang Anda punya melalui internet, tapi belum ada yang tertarik, langsung menyerah. Siapa tahu dengan Anda terus berusaha mempromosikan, membuat orang tertarik menghubungi?
3. Butuh waktu
Sama seperti toko online, dan usaha lainnya di internet, akan butuh waktu untuk membesarkan. Butuh waktu agar orang bisa tertarik membeli, dll. Kita tak pernah tahu, kapan kesuksesan atau banjir order menghampiri. Seringkali orang meninggalkan usaha dan berganti lawinnya, padahal kurang selangkah lagi keberhasilannya.
4. Fokus

Anda harus fokus terhadap usaha yang Anda pilih. Misal Anda memilih berjualan buku, ya terus saja berkomitmen untuk menjualnya. Bila ingin menambah produk, yang masih berhubungan dengan buku. Entah menambah buku dari penerbit yang berbeda atau bisa berjualan notes, dll.
5. Kreatif
Ini adalah keharusan Anda. Jaman sekarang usaha apa pun selalu membutuhkan kreatifitas pemiliknya. Kreatif tak melulu soal Anda berkarya kerajinan tangan. Kreatif bisa Anda pergunakan ketika membuat terobosan, promosi, dan pembuatan produk baru. Kurang lebih seperti itu. Anda bisa mencari berbagai sumber cara promosi, terobosan dimana saja. Anda bisa menggabungkan dan menjadikannya sesuatu yang baru. Atau Anda membuat sendiri. Sebenarnya ide itu ada dimana-mana, tinggal mau memperhatikan dan menangkapnya atau tidak.
6. Promosi
Bagaimana mereka tahu Anda memiliki usaha, bila tak pernah promosi atau sesekali saja promosi? Promosi tetap penting. Sebaiknya Anda membuat secara khusus kalimat promosi dan membaginya di media sosial. Berapa kali waktu yang tepat untuk mempromosikan usaha Anda? Minimal tiga kali dan maksimal 5 kali. Ini untuk menghindari orang menganggap Anda spam.
7. Menulis Blog
Blog sekarang dipertimbangkan banyak perusahaan untuk membantu promosi mereka. Nominal yang ditawarkan lumayan. Entah voucher, uang tunai atau produk dan jasa gratis. Maka menulislah blog. Ceritakan usaha Anda, dan memberikan edukasi tentang usaha di blog. Blog sifatnya permanen. Tulisan Anda akan selalu tampil. Ini tidak berlaku dengan media sosial lain yang akhirnya hilang tertelan. Kelebihan blog adalah bisa berada di halaman pertama Google. Hal ini membuat calon klien menemukan usaha Anda. Lebih jelasnya ada di buku Easy Blogging 7 Langkah Mudah Sukses Menjadi Blogger Profesional.
8. Kartu nama
Tidak semua orang yang memiliki media sosial mengetahui Anda. Tidak ada salahnya membuat kartu nama berisi nama, keahlian dan media sosial yang Anda punya. Termasuk alamat blog. Mereka akan lebih mengetahui usaha Anda lebih detil melalui blog daripada menambah pertemanan denga media sosial lainnya. Karena apa yang Anda bagi selalu tertelan dengan update terbaru. Berbeda dengan blog.
9. Stiker
Buatlah stiker yang menggambarkan secara detil usaha Anda dan usahakan menarik. Sesuaikan dengan target yang Anda bidik, menyasar ke perempuan, pria, anak-anak, atau semuanya? Stiker yang menarik biasanya akan membuat yang memilikinya akan bangga menempelkan di tempat yang terlihat. Semakin banyak yang tahu, semakin banyak yang mengenal usaha Anda.
Apalagi kalau mereka menempel di kaca mobil belakang, belakang helm, dll. Pas macet akan membuat orang yang melihatnya meluncur ke blog Anda. Atau mencatat kontak yang tertera.
10. Aktif di media sosial
Betul. Aktiflah update di twitter, facebook dan blog. Keaktifan Anda ini akan membuat orang lain menjadi follower, pembaca setia, dan membeli apa yang Anda jual. Termasuk para marketing sejumlah perusahaan menghubungi Anda untuk kerja sama.
Mudah bukan? Praktikkan 10 cara di atas secara rutin ya. Niscaya, penghasilan akan merapat ke Anda, sedikit demi sedikit dan menjadi bukit. :-)

No comments:

Post a Comment