a IkaMitayani: 8 Langkah SEO On Page Artikel Blog

28 November, 2015

8 Langkah SEO On Page Artikel Blog

SEO On Page, SEO On Page Blog, Blogger, Blogspot, Halaman Pertama Google
8 Langkah SEO On Page Artikel Blog



8 Langkah SEO On Page Artikel Blog

Kali ini saya akan berbagi tip seputar posting artikel blog ya. Saya mau tanya, siapa yang setelah menulis artikel blog lalu langsung mengunggahnya? Mulai sekarang, hentikan kebiasaan itu ya. Kenapa? Pertama itu berpengaruh di search engine, ketertarikan pembaca,dll. Wah sayang sekali kan? Anda blogging bukan semata untuk berbagi apa yang Anda tahu, passion menulis, kalau tidak ada yang baca, tulisan Anda akan sia-sia, perolehan pengunjung akan sedikit, dan keberuntungan dilirik mereka yang iklan akan mengecil. Mau begitu? Saya yakin jawabannya tidak. :)


Tip 8 Langkah SEO On Page Artikel Blog ini apa ya? Jadi begini, seperti yang kita tahu SEO adalah Search Engine Optimation, cara mengoptimasi konten blog Anda agar tercantum di halaman pertama Google. SEO sendiri ada dua macam yaitu On Page dan Off Page. Namun kali ini saya akan berbagi tentang On Page ya. 

1. Tulis Judul Anda Sesuai Isi Konten. Ini adalah hal paling wajib. Caranya bagaimana? Anada baca ulang isi artikel Anda, dan simpulkan. Kesimpulan Anda itu harus meringkas artikel dalam satu kalimat padat. Anda bisa baca artikel saya ini dan simpulkan lalu lihat judul yang saya pilih.


2. Beri kata kunci sesuai judul di artikel, minimal dua kali, di bagian atas dan di dalam artikel. Kata kunci sesuai dengan konten blog ya. Misal Anda mereview buku, maka kata kunci yang bisa dibidik adalah; judul artikel review, judul buku, nama pengarang, nama penerbit, isi buku/premis buku, tema buku, dll. Anda tebalkan huruf kata kunci tersebut dengan bold, atau bisa dimiringkan. Kira-kira ada bayangan? 

cara membuat kata kunci di artikel blog, artikel blogger, blogger, konten, kata kunci konten
Cara Membuat Kata Kunci di Artikel Blog



3. Berikan Bold pada kata kunci yang berada di
bagian atas dan dalam artikel. Anda bisa melihat artikel saya ini. Apakah sudah menemukan kalimat yang saya cetak Bold? Anda bisa cetak Italic atau miring untuk font kata kunci.

tautan permanen, cara membuat link artikel di blogger
Cara Membuat Tautan Permanen Artikel Blog Anda



4. Atur tautan permanen Anda. Hati-hati mengisinya, tulis
sesuai judul dan kata kunci di artikel, kalau tidak cukup, dipersingkat. Misal 5-langkah-SEO-on-page-artikel.html masih mirip kan? Lalu save. Format yang harus Anda ingat adalah, kasih tanda penghubung(-) dan dengan huruf kecil semua, diakhiri titik dan html. 


SEO On Page Artikel Blog, Blogger, cara seo on page, apa itu seo on page
Deskripsi Penelusuran di Blog Wajib di Isi





5. Tuliskan deskripsi penelusuran yang ada di bagian kanan. Tulis inti artikel Anda. Anda bisa mencontoh cara saya di gambar capture di atas. Fungsinya untuk apa? Ini untuk mrmperkuat penelusuran di Search Engine seperti Google, dan menarik minat calon pengunjung yang akan membaca blog Anda.

Optimasi Artikel Blog, 8 langkah seo on page artikel blog, seo, seo on page
Optimasi Image di Artikel Blog


6. Berikan image yang sesuai dengan konten Anda, lalu tambahkan caption, properties lalu isi tittle text dan alt text. Untuk alt text Anda bisa isi dengan kata kunci yang Anda inginkan.


7. Tulis konten blog yang bermanfaat dan orisinil. Tip di atas akan semakin manjur, kalau Anda menulis konten yang orisinil. Maksudnya begini, meski tak ada ide yang orisinil di dunia ini, kalau cara penyampaian Anda berbeda dan unik, maka itu sudah masuk ke orisinil, tidak copy paste. Anda harus masukkan pemikiran Anda sendiri. Saya sendiri menulis artikel berdasar pengalaman sendiri, dari utak-atik, dan belajar. Saya tulis semua itu dengan gaya saya sendiri. Orang dan Google sendiri pintar kok, untuk mengetahui, apakah artikel Anda orisinil atau tidak. Copy paste atau tidak. 

8. Saran saya, artikel Anda terdiri dari 300 kata, karena Google sangat menyukainya. Bagaimana kalau lebih dari 300 kata? Bisa saja, tapi kasihan pembaca Anda akan kelelahan, mata pedas, karena membaca di layar ponsel atau komputer. Apalagi kalau artikel Anda bisa dipadatkan. Bertele-tele dengan menambah kalimat tidak penting juga tidak baik. :-)



Hasilnya nanti akan seperti gambar dibawah ini


deskripsi penelusuran blog, seo on page
Hasil definisi penelusuran artikel blog

Apabila Anda sudah mengatur deskripsi penelusuran tadi, maka yang akan tampil ketika Anda share, akan tampak seperti yang diberi tanda panah.

Bagaimana dengan link artikel blog yang sudah diatur di kotak tautan permanen? Berikut hasilnya....

cara mengatur link artikel blog
Cara mengatur link artikel blog di blogspot




Semoga tip ini bermanfaat ya, lain waktu saya akan berbagi tip lagi tentang blog. Saya akan semakin bersemangat berbagi melalui blog, apabila Anda merasakan manfaat, meninggalkan komentar dan membaginya. Terima kasih :-) Semoga sukses....

No comments:

Post a Comment