a IkaMitayani: 5 Cara Merawat Tabung Gas

16 April, 2015

5 Cara Merawat Tabung Gas

Blog Referensi Wanita
image





Sebagai seorang ibu yang intens dengan kegiatan masak memasak, pasti sudah akrab dengan tabung gas ya? Saya sendiri juga dilema, antara takut dengan tabung gas, tapi mau tidak mau harus mengakrabkan diri dengan benda satu itu. Saya takut kalau benda itu meledak, salah pasang, kabelnya lepas atau geser, juga, bocor. Serem kan?

Ternyata ada cara merawat tabung gas, dan akan membuat kita merasa nyaman dan aman memasak di dapur dengan tabung gas itu lo bun.

1. Kondisi
Kita sering mengabaikan hal ini, membeli tabung gas, tanpa melihat kondisinya. Atau kalau Anda delivery order tabung gas, biasanya ga minta ganti atau ditukar yang lainnya. Padahal kondisi yang paling tidak, masih bagus cukup menolong lo. Oia jangan lupa memperhatikan tanggal kadaluwarsanya ya.

2. Selang Gas
Nah ini, penting sekali memeriksa selang tabung gas, minimal sekali seminggu. Biasanya kalau terkena air atau lembab, selang bisa mengeropos dan mengelupas.

3. Regulator
Pastikan membeli regulator yang sudah ada meteran atau sejenis alat untuk mengetahui isi gas dalam tabung gas.

4. Cincin Karet
Bunda sudah pernah melihat cincin karet yang warnanya seperti coklat muda ke merah muda? Ehm, peach? Nah cincin karet itu berguna untuj menahan gas tidak keluar atau bocor. Mintalah penjual gas beberpa buah untuk jaga-jaga.

5. Posisi
Tabung gas harus berada di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Misal, dapur dengan jendela mengarah keluar, atau ada ventilasi kaca yang bisa dibuka tutup, dan pintu yang mengarah keluar.

Kemudian, tabung gas diletakkan dengan posisi lebih bawah dari posisi kompor gas. Ini menghindari ketika gas tak ketahuan bocor, kompor yang menyala tidak akan bertemu dengan gas.

Nah itu 5 Cara Merawat Tabung Gas. Ada yang mau menambahkan? :-)

No comments:

Post a Comment